Saturday, May 24, 2014

Temen kedua: Riijsman Gaghana



(baca juga episode sebelomnya. klik aja di sini)

Umurnya 32 taon, lahir tanpa bedah cesar, bedah Cleopatra, apalagi bedah buku di Kelurahan Apengsambeka, Sangihe. Bokapnya nelayan asli, ibunya wanita cuantik asal Suwaan, Airmadidi ber-marga Walewangko. Pernah di ajak main pelem sama om Wim Umboh, tapi lebih milih jadi pengusaha kuliner.

Riijsman anak paling kurangajar dari 3 bersaudara.  Menyandang marga Gaghana,-salah satu marga Sangihe yang menurut desas-desus merupakan cikal bakal dibentuknya tim elit penjinak bom negri ini: Tim Gegana.

Waktu masih 20’an, waktu banyak anak muda doyan dugem, dan malang melintang dalam berbagai petualangan, Riijsman justru menjelma jadi anak muda introvert yang doyan niup terompet kalo kepepet.

Doski juga pengamat music dan film dunia yang doyan novel-novel-nya Sidney Sheldon. 

Teorinya tentang Agnez Monica yang pengen go International bakal dapet kendala besar ternyata terbukti.  Agnez maksain diri jadi kayaq Rihanna, dan kadang-kadang Katty Pery. Itu sebuah kesalahan.  Harusnya dia tetap bertahan dengan typical orisinilnya

Riijsman percaya kalo film yang merupakan olah imaginasi bisa dijadiin model buat membangun kehidupan nyata yang mendatangkan kesejahteraan manusia.

Humor-humornya mirip pelawak Cak Lontong,-ngelawak tapi mimiknya serius.  Pokoknya nyebelin tapi lucu.

================

Sebuah kejadian yang asli kebetulan mbikin Riijsman terkenal di jajaran Polda Sulut. 

Gini kisahnya....

Suatu ketika di salah satu pabrik pengalengan terbesar di Sulawesi Utara, PT. Cahaya Human Food terjadi demo besar-besaran yang tensinya mulai memanas.  Pendemo mengepung pabrik di seluruh penjuru mata angin.  Semua pintu keluar dikawal ratusan pendemo yang bukan cuma buruh pabrik, tapi juga organisasi buruh lainnya.  Mereka menuntut ketemuan dan dialog sama General Manager, Iwan Satria, yang sayangnya menolak mati-matian dan bersikukuh dengan keputusannya untuk mem-PHK 3000 karyawan perusahaan.

Massa pendemo ngga ngijinin sang GM ninggalin pabrik.  Mereka berkeras mblokir semua akses keluar.  Polisi yang kalah jumlah ngga berdaya nahan massa pendemo yang tidak melakukan kekerasan.  2,5 jam lewat, tapi bapak-bapak polisi belum juga dapet solusi jitu buat ngevakuasi Iwan Satria dari lokasi.

Ridel Lalamentik, salah satu kepercayaan Kapolda yang kerap dimintai saran buat ngatasin situasi genting yang ngga ada di SOP polisi-pun kehabisan akal. 
Waktu itu kebetulan Riijsman lagi ngunjungin Ridel karena sebuah urusan.

Del, di pabrik itu kan pasti ada internet, coba loe suruh orang yang bisa dipercaya untuk ngambil beberapa gambar di dalam ruangan, di mana Iwan Satria berada, terus di semua pintu keluar pabrik, sama situasi pendemo, terus kirim ke email loe.  Sebenarnya sich lebih bagus kalo video, cuman kan kapasitasnya gede, ntar lambat ngap-load-nya, jadi foto aja lah.  Oh ya, jangan lupa juga foto si Iwan Satria, sama data tinggi dan berat badannya .!!” Riijsman seolah merintah anak buahnya.

Emang loe mau ngapain, eh, di sono udah ada 7 jago strategi mbebasin sandera, tapi udah 2,5 jam ngga bisa ngapa-ngapain..” Kening Ridel mengkerut natap Riijsman yang cuek ngisep rokoknya.

Engga, gue cuma mau liat dikit situasinya. Kan tadi loe bilang 7 ahli strategi ngga bisa nyari jalan keluar, nah, gue kan bukan ahli strategi, tapi anak nelayan tulen yang biasa di laut dan puluhan kali naik turun gunung.  Sapa tau bisa bantu pemikiran.  Lagian, kalo gue ngga bisa apa-apa, kan loe ngga rugi apa-apa juga.” Riijsman matiin rokoknya dan ngotak-atik laptop Ridel.

Ridel narik napas panjang, ngeluarin Hp, lalu ngontak seseorang.

Eh, biar sudara sepupu, kalo loe mainin gue, gue tembak pake pistol aer yang isinya becek dari kandang babi loe...” Ridel  nempelin kepalan tinjunya di rahang Riijsman yang cengengesan.

Win, tadi Kapolda nyuruh gue.....” Ridel nelpon temannya Erwin buat ngelakonin perintah Risman.

Lagak loe kayaq Kapolri aja ngelantik gue jadi Kapolda ?” Tawa Riijsman pecah.

Setan loe...” Ridel ngelempar asbak kosong ke Riijsman yang refleks ngelak, sampe tu asbak kena salah satu piala yang di pajang Ridel di ruangannya. Piala juara II masukin benang ke jarum tingkat Nasional.

Eh, jangan-jangan loe ya yang suka morotin pengusaha-pengusaha sambil mbawa-mbawa nama Kapolda ?” Riijsman melotot dengan mimik serius.      

Lama-lama koq loe ngelunjak ye, ntar gue tuntut pasal pencemaran nama baik lo...”

Loh, bukannya nama loe udah lama tercemar ?” Riijsman melihat sebuah tanda email masuk di sudut kanan bawah laptop Ridel.

Ngga lama berselang Ridel nyetak 30 biji foto kiriman Erwin yang udah di resize dari lokasi kejadian yang jaraknya 40 Km dari Polda Sulut.

Kapten Ridel, bikinin saya secangkir kopi, beliin rokok, dan kasih saya kesempatan mikir...!!” Riijsman merintah kayaq Kapolda beneran.

Apaaaaa,...loe kira di sini kedai ?” Ridel tereak di kuping Riijsman yang ngelonjak kaget.

Anda sadar dengan siapa anda bicara Kapten ?” Riijsman berdiri tegak dengan tatapan tegas yang dibuat-buat.

Ridel ngga banyak omong, dan ngeloyor pergi.  Dia berharap Riijsman bisa memberikan sesuatu.

Yah, we know-lah, demi sebuah kepentingan, terkadang jabatan dan wibawa bisa diabaikan.  Lagian, kalo cuman mbikinin kopi buat sudara sepupu kan bukan aib   

Sambil mlototin dengan cermat 30 biji foto satu per satu, Riijsman sibuk mbikin catatan-catatan ketika sebungkus rokok melayang ke atas meja dan menghamburkan beberapa biji foto.

Jaga sopan santun anda Kapten..” Riijsman mbuka bungkusan rokoknya, mengambil sebatang, membakar, lalu kepulan asap putih menghambur dari mulutnya.

Ok, jadi begini skenarionya Del,....”

Ngga berapa lama kemudian Ridel tampak berbicara di ponselnya.  Tubuhnya keliatan tegang sambil tak brenti ngomong ‘siap pak’.  Waktu percakapannya usai, Ridel menghubungi seorang Polisi yang di PT. Cahaya Human Food.  Waktu saat itu menunjukan pukul 14.30 Wita.

=================  

PT. Cahaya Human Food, pukul 16.00 Wita.

Lingkungan pabrik masih di penuhi ratusan pendemo yang walau tampak letih, namun tetap semangat menanti kesediaan Iwan satria untuk dialog.  Pandangan mereka tertuju pada salah satu pintu keluar pabrik yang terbuka.  8 orang yang terdiri dari 4 wartawan dan 4 perwakilan buruh keluar dari pabrik dengan wajah kecewa.  Mereka langsung bergerombol mengelilingi 8 orang tersebut.

Ketika pembicaraan berlangsung, salah satu wartawan membungkuk memunggut sesuatu yang tampaknya terjatuh, dan bergerak perlahan menembus kerumunan, lalu melenggang santai ke pintu gerbang yang dipagari puluhan laki-laki berbadan besar.  Sesaat ia ragu, berenti, dan melangkah cuek sambil menunduk memainkan ponselnya.

Pas di luar gerbang pabrik, wartawan tersebut mempercepat langkahnya.  Dari sebuah warung, seorang bertubuh tegap berambut pendek mendekati wartawan tersebut, berkata pelan, dan menuntunya ke suatu tempat yang berjarak 50 M dari gerbang pabrik.  Di sana sebuah mobil hitam berkaca gelap dengan nomor polisi sudah menunggunya.  Pria berbadan tegap dan Wartawan tersebut masuk, dan mobil bergerak perlahan menuju Manado. 

Bagaimana pak Iwan, semuanya lancar dan aman..?” Pria bertubuh tegap di samping sopir menyapa wartawan di jok belakang yang lagi membuka pakain berlapisnya yang terdiri dari 4 kemeja dan 2 kaus.  Samaran yang membuatnya tampak lebih padat dan berisi ketimbang sosok aslinya.

Wah, ide pak Kapolda kalian tadi sangat unik dan brilian.  Memang waktu di gerbang keluar tadi sempat ada yang menatap saya agak lama, mungkin curiga, tapi saya acuh dan melenggang santai kayaq wartawan asli...” Iwan Satria melepas topi, kacamata tebal, kumis, jenggot dan brewok palsunya.  Dengan sapu tangan putih yang ia keluarkan dari tasnya, ia mengusap make up dari wajah hingga leher yang membuatnya tampak lebih hitam.

Hahaha,...kalo ngga brilian masa dia jadi Kapolda sich pak “ Pria berbadan tegap tertawa bangga.

==================

Riijsman lagi di mikrolet ke Airmadidi dan tenggelam sama buku berjudul ‘Istana selalu menghadap ke Timur’ ketika ponsel di kantongnya bergetar.  Nama Ridel tertulis di sana.

Halo,...kenapa Del ?”

Eh Man, Kapolda titip salam, Iwan Satria udah keluar 15 menit yang lalu ...” Suara Ridel menggema di kuping Riijsman.

Salam balik deh.  Gue yakin koq kalo asisten sutradara njalanin skenario dengan bener, Iwan bakal lolos.  Ada lagi ngga yang pengen loe bilang, gue lagi asyik nich...?” Pandangannya ngga pindah dari bukunya.

Kuda lumping loe, sombong banget, tunjukin ekspresi yang seneng ato gimana gitu...” Suara Ridel terdengar gemes.

Trus, gue harus njerit dan bilang wow geto,..halooo,..gue lagi di mikrolet nich, ntar kalo dikeplak orang kan kepala gue, bukan loe,...sontoloyo

==================

Waktu pukul 20.00 Wita, jumlah pendemo sisa setengahnya.  Yang setia-pun tampak letih, bosan dan kesal.  Mereka mencoba adu kesabaran dengan Iwan Satria.  Tapi sebagian mereka menyadari adanya kejanggalan.  Polisi yang semula hampir 70-an orang kini tinggal 20 orang.  Itupun dengan penjagaan yang kesannya lebih santai, ngga kayaq tadi siang.

Pukul 21.00 Wita, satpam pabrik yang kasihan sama pendemo membocorkan rahasia kalau Iwan Satria udah ninggalin pabrik sejak sekitar 16.15 Wita.  Pendemo terkejut ampir mati.  Ngga seorangpun menduga udah sukses dikecoh Iwan Satria.

===============

Riijsman lagi melototin tayangan ‘Fox Crime’ di tv kabel waktu Ridel ng-sms.

Man, dari mana sich ide loe, Kapolda nanyain loe terus dari tadi, sampe sebel gue

‘Mau tau aja, ato mau tau banget ?’ Bales Risman.

‘Man, kapan sich loe mau serius ama gue ?’

‘Jadi loe anggap ide gue juga becandaan dong ?’

‘Ngga gitu, justru lantaran gue anggap ide loe luar biasa, makanya gue nanya’

‘Terima kasih buat pujiannya Kapten, tapi loe janji percaya sama yg gue bilang’ Riijsman senyum.

‘Janji 1000 %’

‘Film Argo’

================

Besoknya sebuah Harian Manado menampilkan sebuah berita keren ‘Kapolda 

Menang Elegan Adu Sabar VS Pendemo Damai’

================

Skenario Riijsman

Ke Ridel, Risman bilang untuk nyari empat orang.

Pertama, orang yang bisa acting buat nyutradarain skenario gue.  Inget Del, berhasil ato gagalnya skenario ini ada di tangan sang sutradara,...yah anggaplah asisten sutradara.  Kan gue sutradaranya...” Riijsman senyum sambil nyemburin asap putih, lalu matiin puntung di asbak yang udah penuh.  

Kedua, juru rias yang bodynya lebih gede dikit dari Iwan Satria, tapi tampangnya ampir mirip. Inget,..ampir mirip, bukan mirip. Paparkan situasinya.  Kasih jaminan keamanan dan imbalan fulus yang bagus.  Trus suruh dia nyamar jadi wartawan yang kumisan, brewokan dan jenggotan, pake kacamata minus tebel sambil bawa tas yang isinya perlengkapan rias buat ngubah tampilan Iwan. Lalu suruh masuk ke kerumunan sambil action foto-foto sembarang.  Suruh dia mendekat ke pintu masuk, tapi tetap di kerumunan.  Nantinya si juru rias bakal disetting masuk ke dalem, ikut dialog, trus pas dapet kode waktu dialog berlangsung, dia minta ijin ke toilet, arahin ke ruangan Iwan Satria, buat ngerubah tampilan Iwan jadi kayaq dia.” Riijsman ngomong serius banget.

Riijsman berhenti sesaat.  Bisa ngikutin loe ?” Tatapnya ke Ridel.

Man, terus terang gue ngga mampu njabarin apa yang ada di kepala loe.  Ribet. Mendingan begini, gue nyari asisten sutradara, terus loe yang njabarin skenarionya ke dia, gimana ?”

Ridel senyum sambil nggaruk kepala menunggu persetujuan Risman.  Riijsman mengangguk.

===================

Ratusan pendemo gegap gempita waktu seorang Polisi ngasih info kalo Iwan Satria bersedia dialog.  Mereka mengijinkan 4 wakil buruh, dan 4 wartawan masuk berdoalog.  4 wakil buruh adalah pilihan langsung para buruh, namun ke-4 wartawan di tunjuk oleh polisi.

Mereka berjalan menyusuri lorong pabrik yang agak panjang, dan menuju sebuah ruangan ber-cat kuning, ber-AC, dengan kulkas besar di sudut kiri ruangan berukuran 6x6 meter. Tepat di tengah ruangan terdapat  meja seukuran mejanya tenis meja dengan sekitar 15 kursi di sekelilingnya, sebuah sofa coklat panjang di ujung lain ruangan.  Ruang tersebut biasa di pakai sebagi tempat meeting para pimpinan unit produksi.

Saat memasuki ruangan, 3 pria berstelan kemeja biru tua dengan celana jeans, serta seorang polisi tengah menanti.  Mereka saling memperkenalkan diri.  Namun Iwan satria tidak ada.  Ke-4 wakil buruh mempertanyakan ketidak hadiran Iwan.  Salah satu pria berkemeja biru menjelaskan kalau Iwan tengah bersiap.  Tak lama berselang mereka terlibat pembicaraan ala kadarnya.

Ketika wartawan dan wakil buruh lainnya asyik ngobrol, wartawan brewok dan kumisan yang pake kacamata tebal minta ijin ke toilet, dan langsung di jemput seorang polisi yang ngarahin ke ruangan lain.  Iwan Satria nungguin dengan tegang di sana.  Lalu wartawan brewok bergegas membuka topi, kumis, jenggot, dan berewok palsunya, mengeluarkan perlengkapan rias, dan mengubah Iwan Satria menjadi sama persis si wartawan gadungan sebelum membongkar kedoknya.

Di depan cermin, Iwan Satria malah ngga kenal dirinya sendiri.  Narik napas panjang, dan bergegas ke ruang meeting.

Peserta meeting sama sekali ngga sadar hadirnya ‘sosok palsu’ yang baru masuk karena asyik berdialog.  Mereka sangka orang yang baru masuk adalah wartawan yang sama, yang tadi minta ijin ke toilet.

Beberapa menit kemudian 2 polisi tergopoh-gopoh masuk ruangan, ngasih kabar kalau Iwan Satria tiba-tiba drop kesehatannya, dan butuh penanganan medis.  2 pria berstelan biru yang tengah berdialog minta ijin melihat situasi Iwan satria. Peserta di ruang meeting kisruh.  Beberapa menduga akal-akalan Iwan.  Tapi Iwan asli yang ada di tengah mereka justru tersenyum kecut memikirkan langkah selanjutnya.

Seorang polisi dan salah satu pria berstelan biru tua masuk ruangan, dan meminta ijin untuk penanganan kesehatan Iwan.  Wakil buruh sepakat mendatangkan paramedis, tapi ngga ngijinin Iwan ninggalin pabrik, kecuali kondisinya parah.  Paramedis-pun di hubungi.

3 wakil buruh keluar menemui ratusan pendemo guna ngasih info kondisi Iwan.  Mereka meminta para pendemo ngasih jalan masuk ambulance yang bakal ngerawat Iwan di dalam pabrik.  Pendemo setuju, dan ke-3 wakilnya masuk lagi ke pabrik.  15 menit kemudian ambulance masuk gerbang pabrik.  Seorang dokter dan perawat pria masuk membawa peralatan medis, tabung oksigen dan infus.  Setengah berlari memasuki pabrik.

30 menit lewat, dokter yang merawat Iwan njelasin kondisi Iwan yang ngga mungkin dialog sambil nyebutin istilah-istilah kedokteran yang rumit, dan minta ijin mbawa Iwan ke Rumah sakit toex perwatan lebih intensif, tapi di tolak wakil buruh. Akhirnya dokter nyerah dan bakal berusaha sebisanya.

Setelah 40 menit kemudian tidak ada kabar yang menunjukan kepulihan Iwan, akhirnya ke 4 wakil buruh dan wartawan bersepakat dengan polisi untuk melihat kondisi Iwan.  Atas ijin dokter, mereka hanya di perbolehkan melihat dari jendela, tidak diperbolehkan masuk dalam ruangan.

Dari jendela kaca, mereka menyaksikan sosok yang tengah berbaring dengan tabung oksigen menutup sebagian mukanya, dan selang infus menggantung di sisi tempat tidur.  Karena jarak dari jendela ke tempat tidur yang agak jauh, Ke-4 wakil buruh yang mengenal Iwan satria sempat dilanda keraguan apakah pria yang terbaring tersebut benar-benar sosok Iwan, atau bukan.  Namun potongan tubuh dan bagian sisi wajah yang terlihat akhirnya meyakinkan mereka kalau sosok tersebut sungguh Iwan.  Merekapun sepakat menunda dialog, sambil tetap menunggu di lingkungan pabrik, kalau kondisi Iwan membaik.

Dengan wajah kecewa mereka bergerak ke luar.

Juru rias yang nyamar sebagai wartawan brewok, berkumis dan berjenggot keluar 20 menit kemudian dengan seragam Polisi.

=================

Satu bulan kemudian Riijsman di tilang Polisi waktu mbawa motor temennya.  Dia lupa bawa dompet yang ada SIM-nya, dan sialnya juga, lupa minjem STNK motor temennya.  Berusaha mengingatkan polisi akan namanya, RIIJSMAN, tapi bapak polisi cuek dan pura-pura siap menulis di buku tilang.  Risman ngerti banget gelagat si polisi.  Dia coba nelpon Ridel, tapi ponselnya mati.

Riijsman melanjutkan perjalanan.  Rp. 100 ribu yang rencananya buat bayar tagihan air dan listrik pindah ke tangan bapak polisi.  Sumpah serapah ngga berenti muncrat dari bibir Riijsman.  Pengen banget dia ngirim gambar bogem mentah pake multimedia ke HP Ridel, dengan tulisan: Ini baru gambarnya, yang asli nyusul.


No comments: