Saturday, May 3, 2014

Episode 2. Ketika Bokap Rolly Menentang William Shakespeare



(Episode sebelumnya klik disini)


Kejadian kecil waktu Rolly baru lahir. 

Hari itu panas ngga terlalu terik, angin bertiup santai dan ngga buru-buru. Berita lahirnya Rolly udah merembet ke ampir ujung kampung.  Sayangnya di deket ujung kampung  ada sungai, jadi beritanya ngga sempet nyebrang.  Maklum, selain  kampung nenek moyang Rolly tergolong kecil,  rupanya ada yang sempet ngumumin pake toa.

Dalam hitungan menit rumah sakit tempat Rolly lahir langsung dijejali saudara dan sanak family.  Ngga ada perawat yang berani mencegah gerombolan keluarga Rolly yang dateng bawa golok, pacul, sampe alat kupas kelapa.  Namanya juga kampung, biar masih pake setelan dinas kebon, lengkap dengan alat peraganya, emang masalah buat loe kalo ke rumah sakit dengan penampilan begitu ?

Semua ngasih selamat ke Charles, bokapnya Rolly  yang  ngga berenti cengengsan.  Arigato,...arigato so much  Niruin salah satu omnya yang masih keturunan Jepang.  Marganya kalo ngga Kawaguchi, Kawaram, ato Kawabesi,...ah ngga pentinglah,...tapi pastinya bukan pager besi.  

Cerita jadi rame waktu ada yang nanya siapa nama bayinya.  Baru aja Charles, mau buka mulut, eh keduluan si-Roy yang ngomong sambil bersajak.

William Shakespeare berkata, apalah arti sebuah nama

Semua terdiam.  Ada yang melongo tanpa berkedip, ada yang langsung ngigitin kuku temen di sebelahnya, ada juga yang nggaruk punggungnya pake pacul, bahkan angin-pun seolah tidak bertiup.  Semua noleh ke Roy.  Kecuali angin tentunya.  Charles mendekati Roy dengan tatapan sadiez...diz...diz.

Jadi William Shakespeare bilang begitu. Kenapa dia ngga dateng sendiri  tapi cuma titip pesan ke kamu.  Pengecut.  Bilang ke dia, nama itu sangat penting buat putra-putri Minahasa. Apa dia sudi kalo orang manggil anaknya monyet    

Charles nepuk-nepuk dada kirinya pake kepalan kanan, mirip gayanya Bernard Hopkins kalo abis mukul K.O lawan-lawannya. Bedanya Bernard Hopkins tinggi, perutnya six pack dan kekar, Charles buncit, berlemak dan pendek. 

Roy melongo sambil garuk-garuk kepala. Penyesalan mendalam  melintas lantaran udah bikin suasana ceria jadi sedikit muram. 

Padahal bukan itu maksud William S  Bisiknya pada laler ijo rabun yang barusan nabrak bibirnya.

Situasi yang menggundah gulanakan Roy teralihkan sesaat oleh grasak-grusuk segerombolan anak muda yang bareng-bareng ndorong tempat tidur beroda yang rupanya membawa rekan mereka yang kecelakaan.  Darah merah (kalo kuning mah darahnya laba-laba,...kan korbannya bukan spiderman) membasahi bajunya.  Di telinga dan bibir korban menggantung sekitar 7 biji anting.  Tangannya penuh tato.  Ada Singa, Kalajengking, Elang,  Alligator, Beruang, Ular Cobra, Kodok, Komodo, Rusa, Babi, Tikus, Ayam, tapi ada juga Nyamuk ama Lalat Ijo.  Mmmhh,..mungkin dia pecinta hewan.

Gerombolan tersebut menuju ICU.  Dan ngga lama kemudian terdengar suara bayi menangis.  Whoiiii,...jangan salah sangka,..bukan korban kecelakaan tadi yang melahirkan.  Tapi ibu muda yang baru masuk ke ruang bersalin.

===========================

Rolly  Simon Carter  Mandagi.  Adalah nama terindah di benak Charles yang udah disiapin sejak 2 musim cengkih lalu, waktu harga cengkih sekilo baru Rp. 25000.  Sekarang Rp. 150 ribuan. Itu sebabnya masakan brenebon banyak yang ngga pake cengkih.

Rolly itu Minahasa banget, karena cuma ada 4 orang Minahasa yang namanya Rolly.  Kalo gak percaya itung aja sendiri.  Simon Carter dipilih supaya ngga sama persis bekas presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter.  Setidaknya mendekati sama.  Mandagie adalah marga, atau nama keluarga besar yang cuma bakal ‘hidup’ kalo di sandang kaum pria.  Rolly Simon Carter Mandagie, disingkat RSCM.  Loh,..loh koq malah nama rumah sakit di Jakarta sich.  Untung anak keduanya yang juga laki-laki ngga di kasih nama Pertamina.  Bisa-bisa cucunya 
dikasih nama Pertamax. 

Desas-desus soal William Shakespeare ngga berhenti di Rumah Sakit aja, tapi menyebar juga sampe ke ibadah kolom, acara mapalus, pasar, sungai tempat nyuci baju bareng, bahkan sampe di bawa-bawa di khotbah.  Tapi ngga semua menanggapin negatif.  Ada bengkel baru yang ngasih nama bengkelnya ‘William & Shakespeare’ padahal, apa hubungannya William Shakespeare sama busi, knalpot dan velek ?

Tapi begitulah desas-desus, ngga 100% bener, tapi ngga 100% salah.  Cerita yang mungkin cuma segede tai idung, bisa berubah jadi kulkas 2 pintu.  Padahal yang bener cuma yang segeda tai idung, yakni statementnya William Shakespeare, tapi yang keburu nyebar malah kulkas 2 pintu, yakni ‘Charles berantem sama William Shakespear’

Konyolnya, sebagian besar pendengar lebih percaya sama perkelahian Charles dan si-William yang udah almarhum beberapa ratus tahun lalu.

==================

Semua berawal dari lahirnya Rolly, alias RSCM.  Dan harusnya ngga ada yang salah dengan semua itu.  Tapi bisa ngaco kuadrat kalo cerita dari mulut ke mulut,...eh,...tunggu, koq dari mulut ke mulut sich, emangnya pesennya bisa sampe kalo dari mulut ke mulut ?  Kan itu ciuman bibir.  Yang bener harusnya dari mulut ke kuping.  Sungguh, permainan kata ternyata bisa mengubah dunia juga ya.

Kelak Rolly bakal tahu siapa William Shakespeare, sang penyiar.  Eh,..maksudnya penyair. Coba bayangin kalo 50 tahun sesudah William Shakespeare wafat ada orang yang salah menulis auto biografinya bukan sebagai penyair, tapi penyiar.  Pasti bakal banyak yang nanya: ‘William Shakespeare menyiar di radio apa, FM ato Gita Lestari ?  Boleh request lagu ngga ?’ 


Episode selanjutnya: klik sini aja...

No comments: