Friday, September 23, 2011

CARA BIKIN IKAN ASIN ASAP RASA PEDAS


Mungkin udah bejibun kali  ya alur proses pembuatan ikan asin. Tapi yang pake unsur asap dan pedas, gue juga ngga yakin sich kalo kreasi gue ini yang pertama.  Tapi setidaknya gue ngga nyontek, alias gue praktekin sendiri.  Begini caranya:


a.       Ikan utuh  ukuran 500 gr(gue pake jenis Cakalang nich) dikeluarkan insang sama isi perutnya.

b.      Belah jadi 2 bagian (liat gambar deh supaya gampang)

c.       Rendam dalam larutan garam dan cabe (air 1 liter + garam dapur 300 gr + cabe merah yang udah ditumbuk/blender  250 gram) selama  4 jam.

   d.      Asapi selama 3 jam
         
   e.      Jemur di bawah panas matahari. Tunggu hingga ikan asin kering (kalau panasnya terik cukup  4 hari).

   f.        Selesai. Gampang kan.....



Catatan tambahan:

*) Kalo mau bikin agak banyak, setiap penambahan air 1 liter, tambah juga garamnya 300 gr. Kalo cabe
     terserah.



*) Masa simpan ikan bisa lebih dari 4 bulan kalo keringnya sempurna. Apalagi di simpen di kulkas.  Tapi
     harus di bungkus koran dulu, baru bungkus plastik.  Supaya kulkasnya ngga bau.

*) Kerusakan ikan asin banyak disebabkan oleh jamur/kapang.   Makanya jangan di simpan di tempat yang lembab.


*) Mau di konsumsi sendiri ok, di jual juga ok.  Tapi buat yang punya hipertensi, sebaiknya ngga usah deh.
*) Trus, abis makan, minum air putih sebanyak-banyaknya.

Ikan asin enaknya di masak begini :

1.       Dimasak pake santan kental
2.       Sambel goreng plus jahe dikit
3.       Campuran tumis toge. Ikan asinnya di iris kecil-kecil

1 comment:

Petzo said...

laparrrrrrrrr melanddaaaaaaaaaaaaa :((