Friday, February 17, 2012

MY DAUGHTERS IS MY TEACHER


Beberapa waktu lalu, putri bungsu gue yang belom 5 taon-Cornelia Sarah Berlian Sakura- nanya dengan mimik serius:

Apa tu sombong ...?”

Mampus gue.  Mau njelasin gimana sama anak belom 5 taon.  Pake kalimat paling sederhana-pun, gue yakin dia gak ngarti.  Sempet kepikir untuk ngasih contoh, misalnya.

Kalo Ade ngasih tunjuk ke temen-temen kalo Ade punya kalung baru, sepatu baru, dll.  Itu namanya sombong”

Tapi langsung gue cancel niat tersebut.  Kenapa…? Lah wong dia ngomong yang sebenarnya koq.  Kan dia ngga bohong waktu nunjukin ke temennya kalo dia punya kalung ato sepatu baru.  Dan lagi, kan itu emang sifat anak-anak pada umumnya.  Gue malah kuatir ‘larangan-larangan’ tersebut bakal menghambat kreatifitasnya.  Trus gue mikir alternative lain (sial, disini gue malah ngerasa very o’on dech…hehehe…)

Gue coba contoh yang sederhana

Kalo Ade punya sesuatu yang baru, trus mau tunjukin ke temen-temen, boleh-boleh aja, tapi ngga usah bilang kamu ngga punya toh.., soalnya kamu miskin

Langsung gue batalin juga niat tersebut.  Batal…tal…tal. Fuiihh, bingung juga ngadepin anak kecil.
Akhirnya di tengah ke-nelangsaan, gue bilang:

Kalo ada orang manggil Ade, tapi Ade cuekin,..itu namanya Ade sombong…” Gue narik napas lega

OMG,…gue ngeliat bibir kakaknya-Edelweis-berubah monyong.  Rupanya doski tersinggung.  Soalnya, ada beberapa kejadian yang kalo dikaitkan dengan statement tersebut, justru melegitimasi kalo doski sombong.  Coz’ doski suka males ngerespon teguran, ato sapaan temen-temennya.

Waktu  gue amati baek-baek, ternyata DNA gue kental banget nurun ke karakter Edelweis.  Dia sering ‘berantem’ ama gue lantaran nolak main sama temen-temennya yang berkunjung, ato nyamperin doski buat maen bareng.  Alasannya enteng banget: “MALES…!!”

Gue mau bilang apa…? Lah wong dia nolak maen bareng si-A, B, ato C koq.  Kan hak dia. Privacy dia.  

Masa gue dady-nya mau njaga perasaan temen-temennya, tapi ‘ngorbanin’ perasaan anak gue sendiri.  

Untung waktu nolak dan berontak doski ngga pernah teriak:

Papa ini papa Edelweis, ato papa mereka sich..? koq malah maksa aku, dan mbelain mereka…? “

Jujur, gue sering ngalamin apa yang Edelweis alamin. Cuman gue lebih doyan ngorbanin perasaan gue sendiri.  Demi apa yang orang dewasa celotehkan: Etika dan Kepatutan.

Kan kita orang dewasa slalu mengedepankan Etika dan kepatutan, yang justru lebih sering amburadul dan acakadut.  Ngga mbales sms, e-mail, ato ngangkat telephon dianggap ngga etis and sombong. 

Tapi nyebarin foto bugil and ciuman sama bini ato laki orang ke internet bangganya auzbilah

Di kalangan temen-temen gue, mungkin udah banyak yang nganggap gue sombong.  Why…? Lantaran gue ngga mbales sms, ogah ngangkat telephon, lama banget mbales e-mail,..dll….

Masa sich gue mau bilang:  

Sory ya, gue lagi males ngobrol ama loe…”

Kalaupun faktanya emank gitu, kan haram hukumnya men-setting otak kita-para kaum dewasa-dengan kejujuran dan keterbukaan.

Kita cenderung lebih nyaman bilang ‘belom sempet ke ATM’ daripada ngaku terang-terangan lagi bokek, ato ngga punya duit.

Kita lebih seneng milih bahasa ‘ngga punya banyak waktu buat olah raga’ ketimbang ‘iya nich, susah banget nahan keinginan leher’.   Kalo di bilang gendut.

Di otak gue yang norak,….saat gue ngga mbales sms, ngangkat telephon, atau mbales e-mail bukan berarti gue sebel, ato benci sama yang bersangkutan.  Suer,….by the moon and the star in the sky,…

Tapi kan banyak banget factor yang…….gemana ghetoo..buat di jelasin ke semua orang.

Tapi kadang gue sadar sich,…emank gitu kale public figure…..(wkwkwkwkw…ngarep…dodol)

Fuiihhh,..pengeeeeeeeen banget belajar lebih jujur and terbuka.  Tapi koq susah banget ya..?

Edelweis,….ajarin papa donk…ngana lebih sakti dari papa soal begetoannnn….


Para pembaca iseng,..Mari,...Jangan bosan untuk suarakan: "Hentikan Kekerasan dan Perang di Indonesia, hingga ke Ujung Bumi..."

1 comment:

petzo said...

* garuk2 pale * ane juga lagi kena nih bro T_T
mantan bos dikantor lama lg punya masalah pribadi .
die telpon2 pas jam kerja , ane ga bs angkat lahhhh . eh die sms yg bilang ane sombong .ane jwb dah , entar malem ane call back, lg ada kerjaan .

di telpon balik, kagak diangkat.what the fuck dah .paginya sms , katenye udh tidur .
lah ane bisanya malem , pas jam batman n werewolf lg pada bekeliaran , piyee tooohhh.
klo siang ane kerja .
klo jam pulang kerja biasanya ngupi2 dulu ama temen2 , ga etis lg ngumpul gitu , ane malah asik bicara ditelpon .

ondeee mandeeee * jedot2in jidat ke dinding *