Sunday, April 6, 2014

Tinutuan Terakhir



Loe pasti salah kalo nyangka orang Manado ngga bisa logat Betawi, dan lebih salah lagi kalo loe kira orang Manado cuma tau pesta dan hura-hura.  Tapi paling salah kalo loe kira orang Manado doyan bubur (gue yang bilang)

from google
Kalo tinutuan adalah makanan khas Manado yang akhirnya sukses (ato dipaksain, ngga jelas juga sich) jadi ikon itu baru betul.  Tapi beda  artinya kalo orang bilang bubur itu tinutuan.  Yang bener tinutuan itu bubur.  Oke,..oke,...ngga usah muter-muter di soal dubur,...upss,..sory, maksudnya bubur.

Yang bisa dibilang pasti, tinutuan harus terdiri dari unsur beras, jagung, sayur kangkung, bayem, labu dan singkong.  Jangan coba-coba ditambahin sama cocacola, sirop, alpukat, nangka, apalagi kolang-kaling.  

Bisa dibilang 7 dari 10 wanita Manado yang umurnya lebih dari 22 taon tahu bikin Tinutuan.  Tapi tunggu, gue rasa iklan yang meligitimasi bahwa 9 dari 10 wanita Indonesia pake produk tertentu itu ada sedikit unsur nipunya deh.  Bukan apa-apa, soalnya kan iklan tersebut ngga pernah mencantumkan sumber pembuat survei, ato metode surveinya.  Mereka bikin statement yang seolah dari hasil survei itu kan cuma berlandaskan kepercayaan bahwa ngga bakal ada orang yang iseng ngecek kebenarannya di lapangan. 

Balik ke Tinutuan. 

Walaupun salah satu eks Presiden R.I, yakni alm. Pak Harto pernah bilang bahwa Tinutuan adalah salah satu contoh makanan sehat, ngga lantas bikin Tinutuan menasional dalam waktu singkat.  Malah faktanya ngga semua orang Manado doyan Tinutuan.

Ngga bikin kenyang, cuma cape ngunyah” Begitu kata-kata salah satu mahluk carnivor yang kebetulan temen gue, dan penganut aliran ‘asal bukan Tinutuan’ menu sarapannya.

Bagi Tinutuan mania tentunya statement tersebut tahayul semata.  Buat mereka ngga ada menu senikmat Tinutuan.  Makanya mereka sudi melanglang buana memasuki semua tempat makan Tinutuan, guna mengklasifikasi dan me-standarisasi tempat makan Tinutuan paling lezat, gres,  dan eksotis yang kemudian bakal mereka tandai di denah digital Ipad Samsung dan Apple mereka.  Sebenarnya sich maksud dan tujuannya simple: supaya kalo ada tawaran makan gratis, mereka dengan cepat merekomendasikan lokasi tersebut.  Mau tahu pilihan jaraknya ? Sekitar 100 km.  Hehehe,...makan dan jalan-jalan gratis.

Makanya ada lelucon basi soal tawaran makan gratis. 

Gue bayar makan, loe nanggung transport 

Yang ditraktir cuma 3 orang, tapi jarak ke lokasi makan 180 km. Anggaplah makan 1 orang maksimalnya 20 ribu, total 80 rb sama yg nraktir, tapi ongkos transport pp 250 rb. 

Pokoknya, Tinutuan tetaplah tinutuan, makanan khas Manado yang resepnya udah ada di internet tapi ngga pernah dihidangin di meja pesta kawin orang Manado sendiri,  belom tersedia dalam kaleng kayaq cornet ato ikan kaleng, rasanya sama sekali ngga nanonano, dan masih belom terlengsengserkan oleh produk-produk kampung kayaq KFC, Texas, McDonald, Lasagna, Pizza Hut, Hokahoka Bento, Tempura, ato Dorayaki (sepupunya doraemon).

Tinutuan bukan lagi sekedar makanan, tapi juga mewakili keragaman suku, budaya dan agama orang-orang Manado.

Sekedar info, ‘Tinutuan terakhir’ sama sekali ngga ada kaitannya sama ‘The last Mohican’ ato the last Samurai.  Dalam artian, yang bikin tinutuan bukan orang Mohican, dan motong sayurnya ngga pake Samurai.  Hehehe,.... 

‘Tinutuan terakhir’ adalah gambaran besar yang memuat episode-episode petualangan seorang anak Manado ndeso bernama Rolly Mandagi. Termasuk pertobatannya dari seorang pembenci Tinutuan, menjadi,...mmhhh,...ikutin aja kisah selanjutnya. Kalo sempet, dan kalo ngga ujan. Tapi kalo ngga,...awaaaass......

(oh ya, semua nama, tempat dan kejadian cuma rekaan doang. kalo ada yg sama,...hehehe,..percayalah itu cuma kebetulan)

==================

Ikuti Episode 1. When Rolly Meet Sumarno. Silahkan   klik di sini

No comments: