Thursday, August 30, 2012

EVERYTHING YOU DO, YOU DO IT FOR DUIT….?


Males banget gue ngomongin duit…”

Pernah ngga denger orang ngomong begitu…? Mungkin.  Tapi berapa banyak orang yang ngga doyan duit…? Ogah,…ogah,…gue ngga mau mendiskreditkan kartu kredit,…upss,..maksudnya mendiskreditkan siapapun dalam kaitannya dengan duit.  Takut kualat.  Hehehe…kualat ngga dapet duit.

Tapi bener koq.  Biarpun ada jutaan sensus, survey ato riset yang dilakukan di kolong langit ini, gue belom pernah denger ato baca, ada survey ato riset tentang orang yang nolak duit.  Misalnya:

Sebuah survey yang dilakukan oleh Lembaga keuangan Negara A terhadap 340.000 responden di daerah AC, menunjukan sebuah angka yang mengejutkan.  25% responden sama sekali anti duit. 15% sesekali doyan, 20% doyan banget,  40% ketagihan duit

Gue yakin kalo emang ada survey semacam itu, pasti ngga bakal di peroleh data yang akurat.  Tau kenapa…? Karena pembicaraan soal duit adalah pembicaraan yang menyentuh area-area sensitive sebagian besar orang.  Karena cuma sedikit orang yang sudi ditelanjangi hasrat dan impian-impiannya akan duit.  Banyak orang malu-malu harimau kalo bicara duit, walau prinsip hidupnya 3 MU, alias  Mencari Uang, Mengumpulkan Uang dan Memperbanyak Uang.  Tapi kalo ngomong di umum:

 “Saya paling tidak suka ribut soal duit.  Saya lebih rela kehilangan duit seberapapun jumlahnya daripada putus hubungan keluarga…”

Ini bukan soal duit, tapi komitmen bersama.  Soal keadilan dan harga diri,…bla..bla..bla

50 taon lalu, waktu gue masih muda (hehehe..) gue pernah kenal seseorang yang harta ngga bergeraknya kalo dirupiahin mencapai sekitar 3 – 4 M.  suatu ketika, sore-sore, di depan rumahnya lewat seorang penjual kue.  Anaknya yang semata wayang ngerek-rengek minta beli ke ibunya.  Ibunya lapor ke suami. Suaminya bilang:

Mama, kita kan udah komitmen untuk hemat”

“1 biji aja pa, kasian si-cipot” rasa iba seorang ibu mulai terusik

“Suruh minum teh manis aja supaya kenyang” sambung bapaknya

Sstt,…cerita tersebut nyata loh.

Hayoooo, jangan langsung memvonis orang dong,…karena sebenarnya tanpa sadar kita juga pernah, atau malah sering berlaku begitu koq kalo ngomong soal duit.
Dengan duit kita bisa melakukan banyak hal yang membuat hidup kita dan orang lain jadi indah, atau sebaliknya. 

Beberapa puluh taon lalu, para peneliti di Amerika pernah melakukan riset dengan mengamati dan mewawancarai ratusan orang-orang yang sangat kaya.  Hasilnya, mereka, orang-orang yang sangat kaya tersebut menjalani hidup penuh kebahagiaan.  Dan hanya tidak lebih dari 10% saja yang merasa kurang bahagia. (eh,..suer loh cerita tersebut gue baca di buku.  Cuman lupa buku apa.  Kalo boong, buku ato penelitiannya yang boong.  Bukan gue,..hehehe)

Tapi ngga sedikit juga kan kesengsaraan yang timbul karena kebanyakan duit.  Walau  lebih banyak lagi yang sangat sengsara karena kesulitan duit.

Berita di TV swasta pernah memuat kisah tragis seorang ibu yang terpaksa tega meracuni 3 anaknya hingga tewas, dan akhirnya bunuh diri minum racun yang sama, karena tekanan ekonomi.  Karena ngga punya duit untuk makan sehari-hari.

Ada juga kisah seorang suami di Eropa yang akhirnya terbukti  sengaja menyebabkan istrinya kecelakaan masuk jurang, dengan cara membuat blong rem mobil yang dikendarai sang istri, semata demi asuransi jiwa yang bernilai puluhan milyard.

Belasan taon lalu, di salah satu propinsi di Negara kita, seorang anak 16 taon, tega meracuni kedua orang tuanya guna mendapatkan duit jutaan hasil penjualan tanah.

Gue meng-amini salah satu isi Kitab suci yang menyatakan bahwa duit adalah akar dari segala kejahatan.  Tapi gue memilih untuk meyakininya secara arif.  Maksudnya, bukan duit yang bakal njadiin gue budak.  Tapi gue bakal mencari duit, mengumpulkan duit, dan menjadikan duit mainan gue.  Hehehe….

Robert Kyosaki pernah bilang: ‘bukan duit masalahnya. Tapi mental kita.  Siap ngga punya duit banyak

Mental yang kaga siap toex punya duit bejibun bakal njadiin duit sebagai akar dari segala kejahatan.

Udah dulu ah,..anak gue udah manggil buat nggasak martabak yang baru gue beli.  Hmmm,..baunya…Astaga,….koq gue cuma di sisain 1 biji sich,…itu kan 30 ribu………arrggghhhh…

Pepatah Indian kuno:

Ketika pohon terakhir sudah ditebang, ikan terakhir sudah di tangkap dan sungai terakhir sudah diracun, barulah kita sadar bahwa uang tidak bisa dimakan.

No comments: