Thursday, April 3, 2014

Gaung sunyi masa lalu



Alow pembaca,

Terkadang pengen juga loh tau alasan loe mbaca tulisan gue.  Tapi okelah, gak usah loe utarain.  Biar gue tebak.  Pertama, mungkin iseng daripada loe ngotak-atik laptop sambil nyiumin bebauan di sela jari kaki ato ketek, main becek ato ngupil, kan setidaknya mbaca masih kliatan lebih intelek. Hehehe,.. Kedua, sebagai temen ato kenalan, loe trenyuh dan iba kalo gak ada satu mahlukpun yang mampir di blog gue.  Ketiga loe pengen jadi bagian penting dari tulisan-tulisan gue kalo kelak gue naek daon sebagai peraih anugrah medalion award (enak aja,..emang gue ulet bulu naek daon), hehehe....
 
pict by Andirasad
Udah coy,...gitu dulu pembukaannya.

Siapapun ente, dimanapun ente berada, ato apapun yang ente lakuin (yg pasti lagi mbaca dong ya,...masa ngangon kebo), pernah ngga waktu loe lagi bengong, eh tiba-tiba terlintas pikiran, ato loe sengaja  mikir apakah hidup loe masih sama kalo dulu ibu loe ngga merit sama bapak loe, tapi sama  Aburizal Bakrie, Roy Marthen, Rhoma Irama, Teuku Ryan,  Hary Tanusoedibyo,  SBY, ato siapa aja lah.   
Hey..hey,..jangan salah ngelayap tu otak, maksud gue salah satunya dong, bukan sama semuanya...ngaco tralala deh, hahaha.

Khusus yang udah merit, pernah ngga pikiran loe ‘iseng tapi seneng’ (biarpun iseng kalo nyakitin apa enaknya,..hehehe) ngebayangin engga merit sama istri ato suami loe sekarang ?  Anggap aja pernah ya.  Ato malah sering nich ? wkwkwk.  Pastinya ngga bakal sama dong. 

Pernah denger kan statement yang bilang bahwa apa yang kita lakonin hari ini bakal menentukan apa  yang terjadi di kemudian hari ?  Ato dalam bahasa kebalikannya, apa yang kita alami hari ini adalah akibat dari apa yang kita lakonin dulu.

Katanya, imaginasi  itu sering lahir karena ‘tuntutan’ alam bawah sadar kita yang pengen berlari-lari sejenak sambil menghindar kenyataan hidup yang kurang nyaman, atau bahkan menyakitkan.

Istri yang udah merit 10 taon tapi seminggu sekali dapet bogem mentah suami, kan ngga bisa dipersalahkan kalo dalam kepedihannya kerap membayangkan wajah mantan pacar yang lemah lembut dan tidak sombong, tapi ngga jadi dinikahin lantaran suami sekarang jauh lebih tajir.

Begitu juga suami yang  capek tiap pulang kantor tapi slalu ndapetin istri tercintanya asyik main judi dan kiu-kiu sama kolega-koleganya.   Seberapa besar kesalahan si-suami kalo dalam kesendirian dan kekecewaannya dia suka mbayangin betapa manja dan lembutnya tangan salah satu mantan pacar yang doyan nyisirin rambutnya sambil mitesin dan ngunyah kutu-kutu di kepalannya sebagai cemilan....hehehe

Ato anak-anak yang berimaginasi  laria-larian di taman sambil digendong bapak sama ibu lain, lantaran ortu aslinya cuma manjain pake segepok-gepok rupiah.

Entah bener apa engga, katanya ide awal lahirnya tokoh superhero kayaq Superman, Batman, Spderman, Robocop, dsb, adalah kerinduan mendalam akan sosok-sosok penolong dalam kehidupan masyarakat yang kerap tercederai oleh kejahatan dan kekejaman kemanusiaan yang makin hari makin mengenaskan dan susah di atasi, bahkan oleh pemikiran tingkat tinggi dan kecanggihan tekhnologi.    
 
Nah ini masa muda gue nih
Gue pernah baca di facebook ungkapan begini: kalo ada mesin waktu yang bisa mengembalikan aku ke waktu lalu, aku akan mencari mesin itu agar bisa mengembalikan kamu ke sisiku sayang....

Ceileee,...manis, romantis, sekaligus miris (dan pengen pipis,..hehe).  Loh koq miris ?  Ya kan di situ jelas diungkapin betapa tidak berdayanya kita atas masa lalu.  Betapa kita, manusia yang terkadang begitu superior karena kemampuan imaginasinya yang terbukti udah mengubah banyak wajah peradaban, cuma bisa menghadapi kenyataan hidup beserta konsekuensi logis dari apa yang terjadi di masa lalu.  Dan karenanya gaung-gaung samar dari masa lalu terasa lebih manis dan legit untuk kembali kita kais detail demi detailnya.
 
Pict by Jane Mamuaja
Coba liat iklan salah satu partai yang bilang ‘kita dulu adalah macan asia yang disegani

Ato coba deh perhatiin di dunia fotografi misalnya, dengan makin canggihnya kemajuan fotografy, toh kita masih doyan kembali ke jaman itam putih.

Cuman yah, walau wajar kalo kita sesekali masih suka balik memenuhi ‘panggilan’ gaung sunyi masa lalu, kita tetep musti realistis bahwa kita hidup di masa sekarang, buat nyusun langkah ke depan.  Biar aja gaung sunyi masa lalu yang bersembunyi di hati kita, kita mesium-kan selamanya untuk sesekali kita pandangin sebagai nostalgia atau kilas balik yang mengingatkan bahwa kita pernah jadi bagian penting di sana.  Ngga usah terobsesi untuk balik lagi ke masa itu.  Yang lalu biarlah berlalu.  Segala sesuatu ada waktunya.


No comments: