Friday, September 20, 2013

Bocah pengamen di bis Senen-Cibinong

(sebuah catatan perjalanan)

Senin, 9 September 2013

Siang itu abis menyelesaikan sebuah urusan kantor, gue menyusuri jalanan dari Gambir ke Senen dengan panduan telphon ade gue, buat nunggu bis ke Cibinong.

Wah kalo jam segini sich bis ke Cibinong lama banget pak” Ibu penjual kopi pinggir jalan meluruskan kebingungan gue yang celingak-celinguk.

Lamanya bisa berapa jam bu ?” Gue resah juga.  Masalahnya ini Jakarta bung, bukan ‘pasar tua’ Bitung, tempat gue beli pisang goreng.

Kadang bisa sampe 6 jam pak” Aduh, mati aku.  Keinginan buat nunggu bis Cibinong mulai luntur bersamaan dengan taxi-taxi yang berseliweran.

Ya udah, ngopi aja segelas bu, sambil nunggu” Hehe...gue emang ngga pernah punya jam rutin kalo buat ngopi.  Kapan saja, dan di mana saja.  Asal kopi hitam.

Maap pak, bayar dulu.  ntar bapak lupa kalo tiba-tiba bisnya dateng !!” Mmmh,..gue maklum.  Rp. 2500 buat si-ibu besar artinya kalo gue emang beneran lupa bayar lantaran nguber bis yang tiba-tiba dateng.

Bener aja, belom abis kopi segelas, mata gue yang rabun jauh ngeliat tulisan Cibinong di deretan bis yang merayap perlahan sambil menebarkan abu dan asap.

========
Waktu mata udah mulai berat, gue denger suara bocah kecil  membuka pertunjukannya.  Mmhhh,..pengamen anak-anak nich.  Rasa kantuk yang mulai menenggelamkan jadi rusak total oleh suara jelek kuadrat si-bocah.  Boro-boro inget lagunya, pengen denger aja cuma terpaksa lantaran gue punya kuping.  Gue bersungut dalam hati.  Tapi tiba-tiba rasa iba menyeruak ke hati waktu si-bocah menutup lagunya dengan narasi pendek. 

Gambar diunduh dari Google

Sesuatu menggeliat di benak gue.  Keberadaan gue and si-bocah di dalam bis itu sebenarnya untuk urusan yang sama: mencari sesuap nasi.  Perbedaan gue sama si-bocah cuma pengkondisian.  Gue udah tua dan punya tanggungan  2 bocah, gue karyawan swasta.  Si-bocah harusnya jadi tanggungan ortunya, doski ngamen.  Waktu kecil gue ngga pernah jadi pengamen, dan gue ngga tau bakal jadi apa kelak si-bocah.  Bisa jadi dia malah jadi pengusaha sehebat Jusuf Kalla, Ciputra, ato Aburizal Bakrie.  Only God knows.

Gue pikir anak ini berkorban banyak untuk ngelakonin sesuatu yang secara pribadi gue sendiri ngga yakin bisa ngelakoninnya walau kondisi ekonomi gue kayaq tu bocah.  Dan lagi, bocah itu ngga maksa, apalagi mengintimidasi penumpang.  Dia cuma mengharapkan belas kasihan dan keikhlasan.  Ngga perduli berapa ‘jumlah’ keikhlasan yg bakal masuk ke pembungkus permen-nya.  Keikhlasan gue waktu itu jumlahnya Rp. 700 (tujuh ratus rupiah)

Coy, di sekitaran kita selalu di penuhin orang-orang yang sering di anggap ‘merusak’ pemandangan, atau entah apalah kita membahasakannya.  Gembel, pengemis dan sejenisnya.  Tapi kalo aja kita mau sedikit ‘berdamai’ dengan diri kita sendiri, mungkin kita bisa merubah paradigma kita bahwa mereka juga punya hak mencari kehidupan sebagaimana kita,  hingga kita ngga perlu merasa terganggu oleh kehadiran mereka yang penampilannya kucel, dekil dan memelas. 

Di sisi lain, sebenarnya hadirnya mereka boleh di bilang berkah bagi kita manakala kita butuh ‘jembatan’ untuk pemenuhan kebutuhan spiritual (rohani).  Maksudnya, kan dengan bersedakah secara ikhlas, kita bisa memenuhi sebagian kebutuhan rohani tersebut. Dan untuk bersedekah tanpa di 'gelayuti' rasa ‘minder’ cuma bisa kita lakukan pada mereka, para yatim piatu di panti asuhan, kaum papa dan pengemis, serta pengamen mungkin.  Karena memberi sedekah bakal keliatan aneh (ato malah nyeleneh) kalo di lakonin ke penerima yang secara ekonomi lebih mampu ketimbang pemberi.  Coba misalnya kita pergi ke tetangga kita yang mobilnya avansa and innova, sedangkan kita cuma motor matic, terus kita kasih 10 ribu sambil ngomong : “Tolong terima sedekah saya yang ala kadarnya ini.  Kebetulan saya ada rejeki lebih

Kira-kira apa yang ada di benak si-tetangga.  Kalo tetangganya emang mata duitan kuadrat sih ya tetap diembat juga.  Tapi anggaplah begitu.  Tapi kebahagiaan apa yang bisa kita rasakan, karena si-tetangga mungkin bisa ngasih 20 x lipat lebih banyak saat itu juga.

===========
Ketika kita memberikan sesuatu/sedekah dengan tulus dan ikhlas ke orang yang mungkin ngga bisa membalas pemberian itu, sebenarnya kita ngga pernah kehilangan apapun.  Justru tanpa kita sadar, kitalah yang mendapatkan ‘sesuatu’ itu.  Ada sejenis kebahagiaan kecil  ‘samar’  yang menyusup diam-diam ke hati kita ketika kita dengan keikhlasan dan ketulusan menyodorkan sesuatu pada orang yang memang membutuhkan.

So, mungkin udah saatnya kita berhenti memusingkan berapa banyak pengemis, ato pengamen yang ada di sekitaran kita.  Karena bukan mereka masalahnya.  Tapi diri kita sendiri.  Simplenya: kalo mau ngasih ya kasih aja.  Ngga mau ngasih, ya ngga usah.  Titik. Gitu aja, ngga perlu banyak analisis. 


Ngga usahlah kita belajar terlalu banyak menganalisis untuk hal-hal yang kita bisa langsung action.  Malah terkadang anggaran meng-analisisnya yang jauh lebih gede dari actionnya.  Kata iklan: Talk Less, do more....!!!  

No comments: