Sunday, June 23, 2013

Berprasangka bukan dosa koq Coy....



Wah, loe ngga boleh berprasangka buruk sama orang laen dong

Paling loe pernah denger kalimat begitu.  Tapi kalo gue tanya balik: emang dosa kalo berprasangka buruk ? Apa orang yang di sangka buruk ‘terluka’ ?  Apa ada hukum yang melarang orang punya prasangka buruk ke orang lain ?  kalo gitu, kenapa ‘dunia Hukum’ harus sibuk melahirkan ‘pakem’ asaz praduga tak bersalah ? 

Kan Secara naluri  banyak orang lebih ‘doyan’ penilaian miring lebih dulu, baru pembuktian.  Dunia exact kan juga menerapkan Hipotesa dulu, baru penelitian, dan berakhir dengan kesimpulan.

Sebelum nonton ‘rahasia-rahasia’ yang dibongkar dalam sulap, gue sempet percaya kalau banyak para pesulap yang menggunakan ilmu hitam, atau sihir.  Gimana engga, masa ada orang yang di belah pake gergaji bisa hidup lagi ?  Tapi setelah trik-trik sulap tingkat tinggi di  bongkar abis, baru gue tahu kebenarannya, dan dengan sendirinya  buyar deh semua prasangka buruk gue.

Gimana loe ngga berprasangka buruk kalo liat orang asing mengendap-endap malem-malem sambil celinguk kiri-kanan ?

Apa loe bisa mengabaikan fakta tanpa melahirkan prasangka buruk ke seseorang yang ketangkep basah mbuka laci loe, dan kemudian loe sadar kalo duit di laci loe ilang ?

Apa loe bisa tetap merelakan hati and pikiran loe ‘bersih’ tanpa prasangka buruk kalo tiap malem  suami/istri loe nelpon sambil bisik-bisik di tempat tersembunyi ?

Gue punya banyak pengalaman ditipu orang.  Dan masalahnya, kebanyakan penipu itu ngga pernah pake cara yang kasar, atau kekerasan.  Justru sebaliknya, halus dan licin.  Dan karena semua pengalaman tersebut, otomatis di hati dan pikiran gue ‘tumbuh’ sirene tanda awas supaya semua cerita ngga enaknya ditipu  ngga terulang lagi.  Cuma sialnya, sirene tanda awas tadi bekerja tanpa pandang bulu.  Pokoknya harus hati-hati sama semua yang halus dan licin.  Ngga perduli kalo nyatanya ngga semua yang halus dan licin itu adalah penipu.  Nah, kalo udah gitu, apa gue harus dipersalahkan kalo gue punya prasangka buruk ?   

Jangan lupa, kita bisa dibodohin Belanda 350 tahun bukan semata karena kita masih bodoh, tapi juga ngga pernah berprasangka buruk.

Kan sebenarnya simple aja kalo misalnya ada orang yang mensinyalir loe melakukan tindakan ilegal.  Buktikan aja....

Jangan lupakan satu hal: kita semua berpotensi melakukan tindakan ilegal. What do you thing ?

No comments: