Saturday, April 13, 2013

KREATIFITAS, PERUBAHAN DAN KEGILAAN: Sontoloyo...!!



Kalo jaman dulu loe ke toko buat beli teve, penjual bakal nanya soal merk and ukuran (inch).  Warna cuma satu: hitam/putih.  Tapi sekarang  udah bukan jamannya nanya-nanya ke penjual.  Tinggal cek anggaran, masuk toko, pilih sesuai selera, bayar and bawa pulang.  Coz kalo pake acara nanya-nanya, bakal banyak waktu terbuang  buat njelasin merk, model, fitur, ukuran, dll.
yang masih belom 'sembuh'

Di dunia perfilm-an juga gitu.  Dulu kita seolah ngeliat keajaiban waktu nonton Charlie Chaplin, Litlle House on Praire, Rintin-tin, Six Million Dollar Man, Tarzan, ato unyil, dan sejenisnya.  Tapi sekarang, anak-anak kita bakalan cepet-cepet pindah channel kalo yang di tayangin film unyil ato legenda Timun Mas.
Mereka baru melotot kalo Harry potter, Narina, ato Transformer yang ditayangin.

Dunia berubah makin makin cepet.  ‘Yang lambat bakal raib di telan perubahan’
Manusia sekarang kreatifitasnya mencengangkan.  Perubahan secepat kedipan mata. 

Perasaan tidak pernah puas dan hasrat manusia untuk berubah semakin memperkental ke-superior-an kita  di antara mahluk hidup lainnya.   

Cara Singa berburu belom berubah sejak jaman batu:  ngga pake AK 47 ato bazooka.

Kelelawar masih tidur kepala di bawah, dan ngga (ato belom ?) tertarik tidur di double springbed.

Sapi masih tetap makan rumput sejak keluar dari bahtera nabi Nuh, dan belom tertarik nyicipin Sushi, Sashimi, ato caviar.

Tapi tampilan manusia, selalu berubah mengikuti trend.  Dari ujung kuku hingga akar rambut.

Kalo dulu acara ngu-tex  and mbersihin kotoran di kuku aja dipandang sebagai keanehan, sekarang malah ada ‘ritual’ khusus yang mbersihin organ kewanitaan.  Buka Celana dalem, ngangkang, trus ada orang yang ‘ngobok-obok’ si-miss ‘V’.....alamak. 

Kreatifitas adalah salah satu indikator keunggulan manusia modern.  Perubahan adalah ‘amanat agung’ yang wajib hukumnya.

Sontoloyonya, kreatifitas kerap melahirkan ‘saudara tiri’ di dunia kejahatan.   Padahal, hampir bisa di pastikan ngga ada satu institusi pendidikan-pun di dunia (mungkin) yang pernah mengklaim telah ‘menetaskan’ lulusan paling brilian dalam bidang kejahatan.  Tapi penemuan kebaikan selalu saja ‘melahirkan’ kebalikannya.

Pada akhirnya, kreatifitas di tuntut untuk mencetuskan lagi kretifitas berikutnya, guna meredam kejahatan yang ‘terlanjur’ lahir.  Terus,...dan terus begitu.

kalo gue pikir-pikir, teori Biogenesis yang menyatakan bahwa ‘kehidupan yang ada sekarang, berasal dari kehidupan yang sudah ada sebelumnya’ ternyata bisa juga diplesetin jadi: ‘kegilaan yang ada sekarang, berasal dari kegilaan yang ada sebelumnya

kalo gitu, apa gue bakal di persalahkan kalo gue bilang : ‘ngga ada bedanya antara kreatifitas, perubahan dan kegilaan’ karena semuanya adalah sebuah paket lengkap bernama SONTOLOYO

1 comment:

Taruhan bola said...

wooww i like that,, thank's your information,,