Friday, February 8, 2013

Sometimes Facebook Just Ain’t Enough



Plis dech,... hare gene ngomongin facebook ?  basi....”
Statement di atas gue kutip dari salah satu status di facebook juga, bukan di kitab Negarakertagama, atau Buku petunjuk membuat nasi uduk.

Tapi apa bener facebook udah basi ?  Hehehe,...gue sendiri ngga tau.  Coz gue belom pernah njilatin.  Cuman, walau gue udah ngga aktif lagi dengan akun asli (nah loh,..berarti punya akun palsu donk...hehehe), tapi masih bisa menjelajah dari satu timeline (ini yg salah satu yg bikin gw heran knapa sich istilah wall pake di ganti, emang apa pengaruhnya ?) ke time line lainnya.  Dan gue liat, facebook masih tetep ranum kayaq dulu.  Mirip kedondong yang baru di petik buat bikin juice.

And menurut gue, riwayat facebook masih akan bertahan hingga beberapa taon ke depan, lantaran memegang pepatah tua-tua dulu: ‘Patah tumbuh hilang berganti.’  Ada yang keluar, tapi ngga sedikit yang baru masuk.

Mungkin banyak yang ngga menyadari kalau sebenarnya facebook adalah salah satu keajaiban dunia yang bukan cuma jadi media social networking, tapi juga udah merubah wajah dunia.  Malah mungkin peradaban dunia digital.  Ngga percaya ?  Yo kita ulas dikit.

·         Fasilitas ber-ekspresi yang menembus batas usia dan status sosial.  Fakta yang ngga terbantahkan kalo lewat facebook, semua orang yang udah lancar mbaca tulis tertarik ‘nyicipin’ legitnya ber-facebook.  Dari SD umur 8 taon, sampe kakek 85 taon di seluruh belahan bumi terbukti udah menggerayangi ‘tubuh mulus’-nya.

FB juga terbukti ngga bisa ‘dikuasai’ oleh batasan apapun.  Entah status sosial, agama, ato apalah namanya.  FB  adalah simbol kebebasan yang mutlak, dalam arti tdk di ‘back up’ oleh lembaga, institusi, atau kekuatan apapun yang berpotensi menumbuhkan sikap arogan dan semena-mena. Mau nulis apapun, upload gambar apapun, semua bisa.  Semua mungkin.
 
·         Tempat untuk ‘mendongkrak’ harga diri.  Lewat FB, orang kampung yang punya sapi 4 ekor, yang tadinya cuma diketahui tetangga, bisa menunjukan sapi-sapi, beserta namanya masing-masing ke seluruh dunia.

Orangtua bisa pura-pura nunjukin raport anaknya ke kakek neneknya, dan diketahui semua orang.

Tukang ojek yang merasa sering dipandang sebelah mata bisa nunjukin tumpukan uang ratusan juta dari hasil penjualan tokeknya.

Perjalanan kita melanglang buana ke dunia lain (selain dunia kubur) bisa di monitor oleh banyak orang.

Dengan sepenggal kalimat di status aja, kita bisa memberikan informasi ke seluruh dunia kalo kita udah berhasil punya beberapa biji toko. “Semangat,...biarpun 2 toko gue sepi, tapi yang 4 lumayan rame...

Lewat FB, kita bisa ‘memperagakan’ skill berbahasa yang mungkin selama ini ngga pernah diketahui orang.  Entah itu bahasa Inggris, Prancis, Belanda, Jepang, China, ato bahasa sanksekerta.

Di FB juga kita bisa ngasih tau handai taulan (serta seluruh dunia) kalo kita baru beli Ipad, ato mobil baru.

·         Tempat pelampiasan emosi seperti kegembiraan, kekesalan, amarah, atau kesedihan.
You know,..gue rasa ‘beban’ Tuhan toek nampung kesedihan, amarah dan kekesalan jauh berkurang saat ditemukannya facebook ini.  Coba deh kalian ambil waktu 10 menit aja untuk surfing di fb, lalu itung jumlah curhatan yg isinya hati yg gembira, marah, sedih atau kesal.  Bukankah semua itu mengurangi jumlah curhatan yang biasanya masuk ke ‘kotak curhat’ Tuhan ?  Tapi semua itu ngga salah koq menurut gue.  Hehehe....malah mungkin Tuhan juga udah asyik surfing di FB.  Who knows ? (Tapi ngga usah berharap dech kalo Tuhan juga bakalan nulis status...wkwkwk)

Dengan FB, kita bisa mencurahkan rasa sakit hati dan kekesalan yang kalo diutarakan ke seseorang mungkin cuma dicuekin, tapi dapet simpati yang jumlahnya bisa di itung dari jempol yg nongol di layar.

Lewat FB juga kita bisa ngasih tau ke semua orang betapa oon’-nya pimpinan ato bos-bos kita.  Hehehe,...sory bos, kalo gue ngga pernah sich (tapi kalo lewat inbox mungkin pernah...hehehe)

·         Media tempat tumbuh dan matinya cinta dan benih-benihnya
Ngga bisa di sangkal kalo FB terbukti sakti menautkan kembali benih-benih cinta yang ngga sempat tumbuh di waktu lalu, sekaligus membunuh cinta yang telah begitu lama berbuah.  Ngga sedikit perceraian dan perselingkuhan yang bermula dari FB.
·         Media tempat penghujatan dan propaganda
Buat sebagian orang, mungkin hujat-hujatan di FB terkesan aneh, tapi fakta ngga bisa ditutup-tutupin kalo FB udah jadi media ampuh untuk saling hujat.  Isyu agama adalah salah satu yang paling kental.
Begitu juga sama propaganda.  Liat aja ribuan grup yg isinya penggalangan masa untuk tujuan tertentu, ato kampanye politik.

·         Pedang bermata dua bagi kesehatan jiwa
Mungkin cuma sedikit orang yang menyadari kalo sebenarnya FB juga berfaedah untuk terapi kejiwaan.  Jiwa yang hampa, kesepian, dan terluka, bisa terobati dengan intensitas surfing yang terjadwal.  Karena bagi sebagian orang, FB bukan semata ‘layar bisu’  yang tidak bermakna, tapi penginspirasi dan memotivasi di kala mood seseorang lagi down, atau bagai setetes embun bagi jiwa yang haus.
Tapi di pihak lain, FB adalah ‘siluman’ dunia maya yang kalo ngga disikapi secara arif bisa menghisap dan mengkeroposkan kearifan jiwa itu sendiri (hehehe....bingung bingung loe)

 ----------------------------------------------
 deket-deket akhir...


Gue sempat mikir, coba FB ‘lahir’ sebelum Perang Dunia 1.  Mungkin perang ngga akan terjadi.  Kan kita bisa bikin grup yang nentang niatan-niatan perang, ato kita bisa ngirim inbox ke para pencetus perang untuk mempertimbangkan keputusan-keputusannya, dengan ‘menyentuh’ sisi-sisi lembut mereka.


 

Berkaitan dengan kebebasan mutlak yg di anugrahkan si Mark Zucenberg lewat FB-nya, sebenarnya kita agak kurang pas kali ya kalo suka 'melecehkan' orang lain yg suka upload keberhasilannya, kebahagiaannya, atau mamerin sapi-sapinya supaya bisa diliat seluruh dunia.  Sapa tau aja itu memang salah satu tujuan semula si-Mark.  Hehehe,...tapi ya namanya juga kebebasan, berarti bebas juga untuk melecehkan kali ya....? wkwkwkwk....


And, walau dunia udah berputar dan melahirkan begitu banyak orang jenius sepanjang masa, tapi sory kalo gue bilang si-Mark Zucenberg itu adalah manusia paling jenius yang pernah lahir di bima sakti ini.

Trus, apa hubungannya semua bahasan di atas sama judul: “Sometimes Facebook Just Ain’t Enough ?”

Yeee,....mene ketehe....yang pasti, hubungan mereka baek-baek aja koq.  Puas ?

No comments: