Monday, October 25, 2010

JIKA TERSESAT SAAT MENDAKI/TURUN GUNUNG

Ada beberapa factor yang sering menjadi penyebab seseorang hilang/tersesat saat pendakian, atau ketika turun/pulang. Seperti kurang mengetahui medan, melewati rute baru, atau karena pengaruh ‘hal-hal gaib’.
(Catatan: tanpa bermaksud menakut-nakuti, hal gaib bukanlah isapan jempol. Karena beberapa pendaki mengalami hal tersebut. Sesuatu yang kurang logis memang)
Namun penulisan ini tidak membahas persoalan ‘gaib’ tersebut, melainkan terfokus pada kondisi logis yang dapat ‘dikendalikan’
-     Tenang. Jangan gugup.
Dalam ketenangan, biasanya seseorang dapat lebih jernih mencari solusi

-     Kurangi perjalanan saat malam hari
Sebaik apapun alat penerangan yang di gunakan  pada malam hari, masih jauh lebih baik jika perjalanan di lakukan pada siang hari. Selain jarak pandang lebih luas, juga lebih memungkinkan untuk mengantisipasi jurang, serta binatang buas.
   
-     Ikuti aliran air (jika di temukan)
karena sifat air yang senantiasa mencari tempat yg lebih rendah, maka dengan mengikuti ailirannya, peluang untuk menemukan jalan pulang akan lebih terbuka

-     Gunakan alat komunikasi
Perkembangan tekhnologi komunikasi, akan lebih memudahkan pendaki masa kini untuk melakukan kontak saat tersesat.

-     Perhatikan petunjuk pada alam sekitar, seperti arah terbit dan terbenamnya matahari, lumut pada batang-batang pohon, ukuran pohon, jejak kaki hewan. Kejelian dalam melihat petunjuk pada alam pegunungan akan sangat membantu untuk menemukan jalan pulang. Sbg contoh adalah ukuran batang pohon. Pada beberapa gunung, semakin besar ukuran batang pohon, mengindikasikan bahwa pada lokasi tersebut tdk jauh dari puncak gunung. Begitupula sebaiknya.

-     Cari jalan turun
jika seseorang tersesat saat hendak pulang, maka hal paling sederhana adalah mencari jalan turun. Dalam kondisi ini, tidaklah terlalu penting jika ‘jalur normal’ tidak ditemukan. Yg terpenting adalah ‘turun’

-     Hemat persediaan makanan dan minuman, sambil memakan buah/tumbuhan yang ada di alam. Untuk makanan, buah yang dimakan hewan mamalia, umumnya ‘aman’ untuk di makan. Selain itu, daun-daun yang tidak bergetah dan berbulu, dapat di makan, dengan terlebih dulu mencicipinya, dalam jumlah sedikit.

1 comment:

Unknown said...



- Thượng Dương đạo nhân, ngươi một Thương Sơn Động nho nhỏ dám chống đối Ma Đạo liên minh sao, nếu ngươi dám đối với ta ra tay, người Ma Đạo liên minh tìm ngươi khai đao?
dongtam
game mu
http://nhatroso.net/
http://nhatroso.com/
nhac san cuc manh
tư vấn luật
dịch vụ thành lập công ty trọn gói
văn phòng luật
tổng đài tư vấn pháp luật
thành lập công ty
http://we-cooking.com/
chém gió
trung tâm ngoại ngữ
Nhìn thấy trên không trung biến hóa, thanh âm hồng bào đại hán quát lớn.

- Hồng Liệt Lão Ma, ngươi không cần uy hiếp ta, tiên ma vốn không đội trời chung, huống chi Thanh Hoa thành cũng không phải địa bàn Ma đạo ngươi, nói sau, ngươi hôm nay cũng vô pháp chạy thoát.

Thượng Dương đạo nhân lớn tiếng quát, hồng pháp quyết biến hóa, chỉ thấy hoàng mang chạy chồm, thổi quét mà đến, hoàng mang khôn cùng mang theo một cỗ thiên địa lực bàng bạc mở ra, trong nháy mắt đem cả không gian bao phủ, từng đợt ong ong dập dờn mở ra.

Thượng Dương đạo nhân nâng tay đánh ra, dường như phá hư không, một cỗ lực lượng mạnh mẽ giận quay cuồng, vô cùng quang hoa ầm ầm nổ vang, nhất thời đánh về phía đám người Ma đạo.