Saturday, December 28, 2013

Kucing dan Sehari Sebelum Natal

Jujur gue ngga suka kucing.  Tapi  putri tertua gue pecinta kucing.  Mau tidur, bangun tidur, mau sekolah, dan pulang sekolah, bukan orang tua ato adiknya yang di peluk dan dicium, tapi kucing putih bercak abu-abu yang di panggilnya pusy- kucing kampung yang diselamatkan istri gue dari terkaman anjing tetangga waktu si pusy masih segede bungkus rokok surya 16.  Pusy dipelihara, dikasih makan, dibikinin tempat tidur, dsb, sampe gede dan main mata sama kucing cowok.

Mulanya ada niatan gue buat membuang pusy jauh dari rumah lantaran suka buang hajat di dalem rumah.  Tapi ngeliat kecintaan putri gue, niat tersebut batal.  And the show must go on.  Pusy bebas wara wiri di rumah, dan mbikin keseharian dua putri gue lebih indah ketimbang melototin bapaknya yang gendut dan doyan ngatur.  Apalagi buat Edelweis, putri tertua gue.  Pusy berharga banget buat hidupnya.  Sampe-sampe gue sering dititipin pesenan tuna pack in oil, alias ikan tuna kaleng Cuma pake minyak.  Tadinya gue kira buat kita makan sarapan ato makan malem.  Astaga naga,...buat si pusy.  bisa di bayangin dong kecintaannya.

Hingga suatu saat, pusy ngga pulang 3 hari.  Edelweis nangis tiap pagi dan malem sambil manggil-manggil pusy.  Gue sama istri jadi ikutan sedih sambil mbayangin muka kucing perempuan yang beranjak remaja tersebut.  Gue berusaha ngga ngeluarin statement kejam tentang kebiasaan aneh dan menyeramkan sebagian orang Minahasa yang doyan makan daging kucing.  Eh btw, walau gue orang Minahasa, suer, gue sama sekali ngga doyan kucing.  Amit-amit.

Singkatnya, ketika sampe pagi ke-4 pusy ngga juga pulang, gue sama istri mutusin untuk mbawa kedua putri gue jalan-jalan ke mall di Manado untuk menghibur Edelweis khususnya,  dan membuatnya lupa sesaat akan kesedihannya.  Waktu itu tanggal 24 Desember 2013.  Sehari sebelum Natal.

Sebenarnya gue paling anti pelesir ke Manado satu ato dua hari sebelum  Natal.  Bukan, bukan lantaran jarak Bitung – Manado yang jauh.  Cuma 42 km koq.  Tapi lantaran di tanggal tersebut Manado macet hebat.  Orang membludak bisa sampe 10 x lipat dari  hari biasa.  Maklum, bisa di bilang di tanggal itu bahkan orang yang tinggal di pelosok terdalam tanah Minahasa, Sangihe, Bitung hingga Bolaang Mongondow ‘turun’ Manado.  Entah buat ngabisin jerih payah selama setaon banting tulang ato sekedar menambah keramaian, pastinya perputaran uang di tanggal tersebut bisa mencapai triliunan kata sebuah lembaga perbankan yang gue baca di salah satu harian.  

Di tanggal itu, waktu tempuh Bitung - Manado yang biasanya cuma 75 menit bisa sampe 2,5 jam lantaran macet.  Dan tradisi tersebut masih sama.  Hampir ngga ada tempat  yang lenggang.  Semua penuh pergerakan manusia dengan rupa-rupa penampilan.  Dari yang ber-jilbab dengan hanya memperlihatkan mata, hingga celana pendek ekstra ketat dan pendek dengan paduan tank top yang hutan belantara di ketiaknya melambai-lambai.  Satpam dan polisi yang bertugas sampe rela muter kepalanya 360°

Sambil nunggu anak dan istri-istri gue,...upss,..maksudnya istri dan anak-anak gue milih-milih boneka kucing, gue berdiri di lantai dua mall sambil ngeliat lautan manusia di bawah.  Aji gile.  Kalo lembaga perbankan bilang perputaran uang sampe triliunan, berarti ada puluhan sampe ratusan milyar pendapatan negara dari pajak.  Cuma 1 – 2 hari loh.  Di salah satu pelosok Sulawesi lagi.  Gimana kalo 1 taon, dan di seluruh Indonesia ?  Ah kasihan juga kita semua rakyat Indonesia.   Di uber-uber pajak, di bebanin pajak dengan embel-embel cinta negara, tapi di satu pihak korupsi ngga pernah berhenti memainkan akrobatnya di hampir semua bidang pemerintahan.  Jadi inget gertakan petinggi MUI yang punya niatan untuk menghimbau umat untuk nolak mbayar pajak kalo korupsi ngga di berantas.  Logis banget, and layak diperhitungkan untuk direalisasikan.  Ato, pengentasan korupsi musti di lakonin lebih radikal lagi.  Kalo perlu untuk ngganti satu generasi yang berkolaborasi korupsi, ya ganti aja.  Jangan tanggung-tanggung.  Ibaratnya sistem komputer, kalo udah kena virus yang ngga ada antinya, ya install ulang aja.


Selamat Natal 25 Desember 2013.  Kiranya Damai Natal juga menghanguskan semua niatan untuk korupsi, dan berhenti makanin kucing.,...ihhh amit-amit.

No comments: