Monday, December 16, 2013

Hidung

Salah satu indra paling sakti yang merupakan anugrah Tuhan tentunya bukan Indra Brugman (saingan berat gue dalam hal ketampanan...hehehe), ato Indra Lesmana.  Tapi hidung.  Bagian paling menonjol di bagian muka (kecuali gue ngga tau kalo ada di bagian bumi lain manusia yang gigi ato jerawatnya yang lebih menonjol)
 
ilustrasi gambar diunggah dari google
Hidung menambah keren wajah seseorang, atau sebaliknya.  Itu sebabnya banyak orang berusaha setengah mati buat nambah panjang idungnya beberapa centi (hehe...soalnya kalo beberapa meter, bukan idung lagi, tapi belalai) dengan operasi plastik.  Biaya urusan nomor sekian.

Cuman ngga tau bagaimana korelasinya antara hidung dan kebohongan, yang jelas, persoalan hidung ini pernah dibikin novel oleh penulis Italy, dan akhirnya di bikin film sejak 1883, yg namanya Pinokio,-boneka kayu yang jadi manusia dan idungnya tambah panjang tiap dia bohong.

Pakar kebiasaan-kebiasaan manusia juga bilang kalo ketika orang lagi ngomong sambil sedikit-sedikit megang idung, berarti ceritanya bohong.  Hampir mirip sama orang yang operasi plastik.  Kan idungnya bohong-bohongan.

Hidung emang organ tubuh yang kecil dan imut, tapi faedahnya gede banget. Bayangin kalo idung kita ngga berfungsi sebagaimana mestinya, misalnya pas pilek berat, dan kedua mata kita merem, kita ngga bisa mbedain mana aroma soto ayam sama tai ayam.
Ato pas lagi tidur, terus idung kita di sumpel kedua lobangnya.  Tetep aja kita ngga bisa manfaatin dua lobang telinga buat napas.

Gue pernah kenal tukang masak yang biasa nanganin ketring buat ratusan orang.  Dia bisa tau kalo sebuah masakan udah pas ato belom garemnya, cuma dari aroma masakan.  Padahal  dia lagi nyuci sayur mentah, dan jaraknya sekitar 10 meter dari kompor.

Mungkin begitu juga sama para ahli pencicip kopi dan rokok.  Indra penciuman mereka yang peka banget sama obyek yang dianalisanya kan terasah karena pengalaman bertaon-taon.  Tapi gue pernah denger orang ngomong begini: ‘Mmmhh,...gue nyium aroma duit nich ?’

Setau gue, ilmu yang diajarin bank-bank tentang fisik duit kan cuma di raba dan diterawang.  Ngga pake dicium segala.  Trus, gimana dong sama banyak nenek-nenek dulu yang suka nyimpen duitnya di balik beha.  Kan harusnya yang kecium duluan justru bau keringet si-nenek yang nempel di beha.


Wah kalo gini mah istilah mata duitan harus di tambah sama hidung duitan dong....hehehe.

1 comment:

petzo said...

wekekekekekek jd inget pelem sponbob

Mister kreb : akoehhh mencium bawuuu uanggg !!! uanggg !!! uanggg !!!!

dan skuidwed akan berkata : aku.benci.kalian.semua -_-