Thursday, May 17, 2012

SEPERTI MATA DEWA


Suer,… by the moon and star in the sky,…gue ngga bakalan ngebahas bagian organ mata.  Entah  Kornea, Sklera, pupil, iris, retina, dsb.  Coz it isn’t my teritori.  Tapi gue bakal ‘mengupas’ mata berdasarkan perspective awam gue.
Banyak temen yang bilang, gue kalo lagi bawa BMW  tegang banget.  Cuek and ngga pernah negor.  (BMW=Botor Mribadi Wue).  La iyalah, masa mbawa kendaraan mau negor-negor, emang gank motor…?  Slain itu, gue emang udah rabun jauh.  Ngga bisa kenal orang dengan baik di jarak lebih dari 20 meter. 

(Cuman gue males pake kacamata.  takut diuber cewek-cewek lantaran dikira Afgan….kukuruyuk…)

Ngomong soal mata, kita emang musti bersyukur pada Sang Pencipta lantaran anugrahNya tersebut.  Bayangin kalo Dia lupa mbikin mata buat kita.  Ato sudahlah lupa, karena ampir mustahil Dia lupa.  Tapi coba kalo Tuhan naro mata bukan pada tempatnya.  Misalnya, di puser, ato di ubun-ubun…? Ato, yang satu dipuser, lainnya di ketiak.  Wah ngga proporsional banget kan. (Tapi kasian juga kalo di puser, ntar melototin yg ada di bawahnya terus...wkwkwkw...)

Bukan itu doang.  Mata juga berkontrbusi linier ke tingkat perekonomian loh.  Kan ngga sedikit orang  jadi kaya lantaran organ ini.  Dokter spesialis, pencipta dan distributor teropong bumi, kacamata, contact lens, mikroskop, obat tetes, industry oomotif, sampe sang creator Facebook, si-Mark Zucenbergk (setau gue belom ada Facebook buat tuna netra….)

Bahkan, di dunia kuliner ikan, terbukti kalo kandungan  DHA dan EPA (yang bikin orang jadi pinter dan ngga gampang pikun), justru lebih banyak di temukan di sekitaran ‘belakang’ mata.  Eh, tapi gue sempet mikir loh, darimana ya kakek nenek kita tahu kalo di area mata ikan itu banyak kandungan sakti yang bermanfaat? Kan dulu belom ada Fakultas Perikanan? Coba deh perhatiin kalo kakek/nenek makan ikan, pasti  mereka bakalan nyedot dengan kekuatan 5 tenaga kuda di bagian mata.

Ngga cukup sampe situ, konon udah beberapa Negara yang menggunakan deteksi retina sebagai sandi akses pengaktifan sebuah program, ato membuka sebuah pintu ato brankas.  Karena menurut Para ahli, bagian tersebut juga sama dengan sidik jari: ngga ada yang sama di antara milayaran jumlah penduduk dunia. 
Mata juga udah merambah hingga ke tata bahasa.  Liat aja penggunaan kata mata hati, mata air, mata-mata, mata jalan, mata keranjang, mata rantai, mata bor, dsb.

Di dunia seni, mata juga terbukti udah mengambil peran yang sangat besar. Dari syair lagu legendaries, sampe ke lukisan fenomenal yang dihargain puluhan juta. 

Mata emang amazing organ walau  tetap ada ‘batasan’-nya.  Karena mata cuma bisa menggeledah tampilan luar, alias kemasan luar.  Itu sebabnya banyak terlontar statement sbb:

Gue kirain pinter” (lantaran tampilannya meyakinkan smart)

Gue kirain orang baik” (lantaran sering senyum, rapih-rapih, dan pancaran matanya ramah)

Gue kirain orang jujur” (lantaran ngga pernah keliatan nyolong/korupsi)

Gue kirain……”

Gue kirain…bla…bla….bla….”

Ngga taunya………………………….ampooooooonnnnnn

Banyak orang  menggunakan ‘kekuatan mata’-nya justru untuk memperdaya keterbatasan pandangan orang lain.

Tapi buat gue, selemah apapun kemampuan jelajah mata lahiriah seseorang, mereka musti bersyukur sesyukur-syukurnya kalo kolaborasi otak dan hatinya udah berada pada tahap metamorphosis ke jalur PENCERAHAN.

Mungkin itu yang dimaksud bang Iwan Fals dalam lagunya “Seperti Mata Dewa”

Only Iwan knows………..!

No comments: