Monday, September 10, 2012

RUJAK IKAN SARDIN


Kaget….? Hahaha….biasa aja lagee…

Tapi bener koq.  Cause kita-kita yang tinggal di Bitung, Sulawesi Utara bukan barang baru makan ikan Sardin yang di bikin rujak. 

Sebenernya sich namanya bukan rujak, cuman demi kepentingan publisitas  aja, hehehe.   Karena  istilah yang familiar di kalangan ‘komunitas pantai’ adalah Gohu.

Tapi sebelum gw tulis cara mbikinnya, gw pengen ngasih tau dikit apa faedahnya sich makan rujak Sardin…?

Ini ada kaitannya sama protein.   Jadi gini, kandungan proten yg ada pada daging hewan, ato ikan biasanya akan mengalami perubahan (ilmiahnya denaturasi), atau kehilangan sifat-sifat aslinya ketika mendapat perlakuan pemasakan, atau pengolahan.  Tapi jangan salah ya,  bukan fungsi protinnya.  Tapi sifatnya.  Udah, gitu dulu.  Ngga asyik terlalu banyak ilmiahnya.

Tau sashimi kan…? Banyak orang percaya sashimi berkhasiat meningkatkan libido.  Sebenarnya kurang tepat.  Karena yang bener adalah, kandungan protein yang terdapat pada sashimi yang masih ‘utuh’ karena mentah, tertelan sempurna ke dalam tubuh, dan berdampak pada tingkat kebugaran tubuh.  Nah, lantaran tubuh sehat bugar, jadi yah gitu deh, napsu birahi juga terpicu.

Dan kondisi yang sama juga berlaku untuk rujak ikan Sardin.  Malahan, Para ahli bilang, dalam kandungan daging Sardin memiliki lebih banyak EPA dan DHA yg berkontribusi pada tingkat kecerdasan.

Ok, gak usah panjang-panjang kayaq uler tangga. 

Bahan baku:  ikan Sardin yang super segar, ukuran dari pangkal ekor hingga kepala minimal 14 cm.   sebaiknya lupakan bikin rujak kalo ikan sardinnya udah lembek, mata banyak merah, apalagi bau kurang enak.  Pokoknya harus yang super segar.  Lebih bagus yang baru mati. (ssttt, ikan yg ada di gambar tuh udah ngga terlalu seger. Sory, soalnya susah nyari gambar yg super seger)

Sebelum digunakan, sebaiknya ikan sardine di simpan dalam hancuran es

Bumbu: cabe, bawang merah, jeruk nipis, garam dan jahe secukupnya.  Sesuaikan dengan jumlah ikan.

Cara bikin:

tumbuk/blender/haluskan semua bumbu kecuali jeruk nipis.

Keluarkan kepala sardin, tulang dan isi perut, hingga yang tersisa cuma dagingnya, lalu iris daging Sardin tersebut sepanjang  1-2 cm, atau sesuai selera.  Cuci dengan air masak, tiriskan air yang tersisa, lalu campur dengan bumbu yang telah di haluskan.  Setelah tercampur, peras air jeruk nipis.  Selesailah rujak ikan Sardin, dan siap di santap.

Sob, lebih asyik kalo di makannya sama singkong rebus yang masih ngepul….uhhhh, gue sampe ngiler nich.

1 comment:

petzo said...

hmmmm klo yg ini gw ga berminat minta dibuatin .diotak gw sugestinya tetep ga mateng .hehehe .

btw elu sama ama emak gw klo bikin resep . resep dgn rasa cinta .

baru2 ini ada temen cewe yg nanya resep ke emak lewat gw .
so , dgn kertas hvs selembar n pulpen ditangan , duduk dimeja makan , mulailah menginterogasi emak .

emak : ikan mas idup sekilo , belah dr punggung , ambil tulang dan duri , tiriskan sejam .
bumbunya kunyit secukupnya , jeruk nipis secukupnya , merica secukupnya , ketumbar secukupnya blabla secukupnya ...secukupnya ...secukupnya ...

* jidat gw mulai mengkeret *
gw : stop mak stop ...kok yg ukuran pasti cumak ikan , laennya secukupnya ?
emak : ya iya , mama ga pernah ukur2 .pake feeling aja .
gw : DAFUG ??!!! yg boneng mak ?!
emak : iya , mama juga ga pernah icip2 .
gw : errrrrr .... * garuk2 jidat ngebayangin temen gw yg bakal bingung *


in short , itu resep gw ksh ke temen gw . trus bbrp hr kemudian die cerita :

Si Neng : pet , kemaren gw masak pake resep emak lu . tp gw ama adek gw bingung , kok resepnya agak ajaib .
gw : ukuran secukupnya ya ? * nyengir kambing *
Si Neng : iya , jd kata adek gw , resep cinta .resep kasih sayang .
gw : wakakakak trus hasilnya ?
Si Neng : enak , adek gw minta dibikinin lagi ....